Minggu, 20 November 2011

Informasi , Pesan dan Makna


Konsep & Teori Informasi 

Teori Adaptive Learning Theory mengandaikan pelajar Media pembelajaran memiliki fungsi untuk mempermudah, membantu dan memperjelas proses belajar mengajar, penggunaan media berbasis teknologi informasi itupun harus mengacu pada fungsi tersebut. Oleh karena itu setidaknya ada tiga konsep yang harus diperhatikan dalam merancang media teknologi informasi untuk keperluan media pendidikan, yaitu :  (i) Cognitive Flexibility Theory (ii)  Adaptive Learning Theory, dan (iii). Preferred Modality Theor

Cognitive Flexibility Theory
Teori Cognitive Flexibility Theory mengandaikan proses belajar mengajar akan lebih efisien dan efektif apabila menggunakan cara yang non-linear. Apabila suatu bidang pelajaran dipelajari dengan lebih mendalam maka pelajar tersebut lebih pandai dan lebih mendalam.  Ini bermakna software untuk pendidikan seharusnya tidak menyerupai metafora buku yang lebih linear atau berurutan  dari segi pendekatan penyampaian pengetahuannya. Dalam dunia komputer/informatika konsep ini disebut dengan istilah hypertext.

Adaptive Learning Theory
memasuki proses belajar pada tahap kemampuan dan pengalaman yang berbeda. Guru perlu menggunakan berbagai bahan, media dan strategi pengajaran untuk memenuhi kemampuan/pengalaman yang berbeda tersebut. Ini juga bermakna software yang dikembangkan perlu menggunakan berbagai strategi dan pendekatan yang sesuai untuk memenuhi keperluan tersebut.  Media ini sering kita sebut dengan istilah hypermedia.

Preferred Modality Theory
Teori Preferred Modality Theory mengandaikan pelajar  mempunyai kecenderungan terhadap modalitas yang berbeda. Ini bermakna sebagian pelajar lebih suka memahami apabila mendengar, sebagian pelajar yang lain lebih suka memahami apabila melihat manakala yang lainnya lebih suka memahami apabila melihat dan mendengar. Oleh karena itu, software pendidikan perlu memuat kombinasi teks, grafik, suaraa, animasi dan video dengan lebih bijak.   Perkembangan ini yang disebut dalam media pendidikan dengan istilah multimedia. Multimedia adalah gabungan dario berbagai unsur teks, grafik, suara, animasi dan video dalam satu software yang terintegrasi/terpadu.

Pesan & Makna
 
Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi  melibatkan  seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar