Kamis, 01 Maret 2012

Lingkup teori komunikasi

Komponen Komunikasi :
  • Komunikator
Pengirim pesan (komunikator) adalah manusia berakal budi yang berinisiatif menyampaikan pesan untuk mewujudkan motif komunikasinya (David K. Berlo).
  • Komunikan
Komunikan (penerima pesan) adalah manusia yang berakal budi, kepada siapa pesan komunikator ditujukan (David K. Berlo).
  • Pesan
Pesan bersifat abstrak. Pesan dapat bersifat konkret maka dapat berupa suara, mimik, gerak-gerik, bahasa lisan, dan bahasa tulisan.
Pesan bersifat verbal (verbal communication) : (1) oral (komunikasi yang dijalin secara lisan); (2) written (komunikasi yang dijalin secara tulisan).
Pesan bersifat non verbal (non verbal communication) : (1) gestural communication(menggunakan sandi-sandi à bidang kerahasiaan) (David K. Berlo).
  • Efek
Efek komunikasi diartikan sebagai pengaruh yang ditimbulkan pesan komunikator dalam diri komunikannya. Terdapat tiga tataran pengaruh dalam diri komunikan : (1) kognitif (seseorang menjadi tahu sesuatu); (2) afektif (sikap seseorang terbentuk) dan (3) konatif (tingkah laku, hal yang membuat seseorang bertindak melakukan sesuatu)

Bentuk Komunikasi :

Komunikasi Antarpersonal
 Interpersonal communication is the process by which people exchange information, feelings and meaning through verbal and non-verbal messages, komunikasi antarpersonal adalah proses ketika manusia bertukar informasi, perasaan, dan makna melalu pesan verbal maupun non verbal

Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam suatu kelompok “kecil” seperti dalam rapat, pertemuan, konperensi dan sebagainya (Anwar Arifin, 1984).

Komunikasi Massa
Komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara. (DeFleur dan Denis, 1985)
1.     Meliputi Sifat Komunikasi
o    Tatap Muka
o    Bermedia
o    Verbal
o    Nonverbal
1.     Metode Komunikasi
  • Jurnalistik
  • Public Relation
  • Periklanan
  • Pameran
  • Propaganda
  • Agitasi
  • Publisitas
  • Kampanye
1.     Teknik Komunikasi
  • Informatif
  • Persuasif
  • Instruktif
  • Human Relation
1.     Tujuan Komunikasi
  • Perubahan Sifat
  • Perubahan Pendapat
  • Perubahan Perilaku
  • Perubahan Sosial
1.     Model Komunikasi
  • Satu Tahap
  • Dua Tahap
  • Multi Tahap
1.     Bidang Komunikasi
  • Komunikasi Sosial
  • Komunikasi Organisasi
  • Komunikasi Internasional
  • Komunikasi Antarbudaya
  • Komuniasi Poitik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar